Jumat, 30 Desember 2011

Pulau Sempu

Memang belum banyak orang yang mengenal nama tempat wisata ini. Namun, sepertinya daerah ini jadi tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta traveling. Pulau Sempu namanya. Pulau yang terletak di daerah selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur ini mempunyai pemandangan unik sebagai tujuan wisata. Konon, di pulau ini terdapat lebih dari 80 jenis burung. Dari Surabaya, diperlukan waktu sekitar 3,5 jam untuk mencapai pulau ini.


Bahkan, binatang buas hampir punah pun katanya masih banyak terdapat di pualu ini. sebut saja macan tutul, muncak, kancil, lutung jawa, atau juga babi hutan. Untuk menuju pulau indah ini, rupanya terbilang gampang. Akses jalan raya pun sudah dibangun dengan bagus. Kita tinggal merencanakan waktu yang tepat, karena untuk menyebrang ke pulau ini hanya bisa dilakukan di pagi atau sore hari. Malah, jika kondisi air sedang surut, kita bisa menyebrang dengan jalan kaki.



Keadaan alamnya membuat pulau yang kaya akan flora dan fauna langka ini masuk daftar Convention o n International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES). Pulau Sempu tidak dibangun menjadi wisata sebagaimana biasanya. Sehingga tidak ada fasilitas akomodasi di pulau tersebut. Kalau mau bisa mendirikan tenda di pulau itu, tentu dengan seizin petugas pengawas cagar alam yang berkantor di Sendangbiru yang terletak tepat di seberang Pulau Sempu.

Suasana menarik lain yang bisa didapat di Pulau Sempu adalah kita bisa berenang di air yang sangat jernih tanpa harus takut terseret gelombang. Di pulau ini juga terdapat telaga yang disebut dengan Segara Anakan. Tempat ini lebih mirip telaga kecil yang dikelilingi batu karang yang membatasinya dengan laut.

Suplai air ke telaga ini berasal dari karang yang berlubang besar di tengahnya, yang secara periodik menyajikan pemandangan indah percik–percik air deburan ombak yang menghantam karang. Sebagian air itu mengalir masuk ke Segara Anakan. Masih ada juga tempat lainnya yang tak kalah menarik yaitu Waru-waru yang merupakan Pantai kecil di pinggiran pesisir Pulau sempu. Atau juga Telaga Lele, sumber air tawar bagi para ‘tukang mancing’

Secara geografis, Pulau Sempu terletak diantara 112° 40’ 45” - 112° 42’ 45” bujur timur dan 8° 27’24” - 8° 24’ 54” lintang selatan. Pulau itu memiliki luas sekitar 877 hektar, berbatasan dengan Selat Sempu (Sendang Biru) dan dikepung Samudera Hindia di sisi selatan, Timur dan Barat.


Sumber :
http://petzaniacity.com/Entertaintment/pulau-sempu.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar