Jumat, 30 Desember 2011

Pesona Pulau Sempu. Wow!

Kawan, buat kamu yang sudah pernah nonton film The Beach, pasti tergila-gila sama pantai Maya di Phi Phi Le Island yang ada di Negara Thailand. Yah, kalau mau berlibur kesana pastinya butuh dana yang cukup banyak ya. Mmmm…tenang aja kawan, ternyata di Negara kita yang tercinta ini punya pantai yang nggak kalah sama pantai Maya yang ada di Negara Gajah Putih lho.


Sudah siap? Yuk, lets go ke Pulau Sempu! Yes, pulau tropis seluas hamper 900 hektar di Samudra Hindia ini berlokasi di Kabupaten Malang, tepatmya di selatan Kecamatan Sumbermanjing. Pulai ini hanya berjarak tempuh 15 menit berperahu motor dari bibir pantai di Pulau jawa lho. Kawan, pulau ini nggak berpenduduk, hanya terdiri dari hutan berbukit yang sebagian besar adalah hutan mangrove. Nggak Cuma itu, Pulau Sempu memiliki sebuah danau yang bernama Segara Anakan. Danau ini merupakan danau pasang surut air laut yang so Amazing! Nah buat kamu yang suka bersnorkling, disini tempat yang sangat cocok, karena snorkeling di Segara Anakan memberikan pengalaman yang sangat rugi untuk dilewatkan karena terumbu karangnya masih sangat alami dan belum terusik oleh manusia yang nggak bertanggung jawab.

Pulau Sempu juga merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah lho. Jadi untuk masuk ke pulau Sempu, kamu dan teman-teman harus mendapatkan izin dari pengelola dulu ya. Dan yang suka berkemah, disini bisa juga mendirikan tenda untuk bermalam di pulau ini. Eits! Tapi jangan lupa bawa bekal ya, seperti persediaan makanan, air bersih yang cukup karena di pulau Sempu nggak ada sumber air tawar dan satu lagi nih yang jangan sampai ketinggalan yaitu cream anti nyamuk, kalau nggak pengen kulit jentol-jentol digigit nyamuk.

Untuk akses ke pulau Sempu dapat ditempuh dengan perahu. Wuih..asik ya! Harga sewa perahu yang ditawarkan adalah borongan artinya sewanya adalah per trip (perjalanan). Untuk perahu motor Rp 70.000,- sampai Rp 100.000,- dan buat perahu dayung Rp 30.000,- sampai Rp 50.000,-. Kawan, kalau kamu berlibur ke pulau Sempu, disarankan pergi berkelompok ya, karena akan menghemat biaya sewa perahu. Tapi sebelumnya kamu harus daftar ke pos pengawasan perhutani dan membayar uang administrasi Rp 2000,- per orang. Oya, jangan lupa minta peta pulau Sempu dan nomor telepon pos pengawas atau setting frekuensi Handy Talky ya.

Nggak perlu jauh-jauh libutan ke luar negeri, karena disekitar kita banyak kawasan wisata yang awesome! Damd, I Love Indonesia!!!

-Berbagai Sumber-


Sumber :
http://remaja.suaramerdeka.com/2011/06/22/pesona-pulau-sempu-wow/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar